Selasa, 02 Oktober 2012

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti telah berkiprah di dunia pendidikan dan pariwisata sejak tahun 1969 merupakan perguruan tinggi swasta pertama yang menyelenggarakan program Diploma IV di Indonesia dengan gelar "Sarjana Sains Terapan" (SST.)
Dengan lebih dari 5000 alumni yang telah menyebar ke berbagai industri baik di tanah air maupun mancanegara, ini merupakan akses kuat dalam turut memperluas kesempatan dan peluang karier di industri pariwisata yang kompetitif.

Metode Pengajaran

Interaksi proses pengajaran dilaksanakan melalui berbagai metode berikut ini :
1. Perkuliahan teori yang disajikan melalui ceramah, diskusi, seminar, workshop, role-play, sehingga dapat meningkatkan efektifitas pemahaman mahasiswa.
2. Praktek dilakukan di dalam kampus dengan fasilitas yang lengkap dan modern, dan Praktek Kerja Lapangan (On-the-Job Training) di industri. Untuk mahasiswa program studi Perhotelan Praktek Kerja Lapangan dilakukan di hotel-hotel bertaraf internasional, baik di Indonesia maupun di luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Belanda, dan Dubai serta di berbagai industri jasa boga seperti restoran, katering atau jasa graha seperti usaha properti. Praktek Kerja Lapangan mahasiswa program studi Usaha Perjalanan Wisata dilakukan di berbagai biro perjalanan atau perusahaan penerbangan domestik maupun asing serta praktik memandu di dalam dan luar negeri.
3. Penelitian ke berbagai obyek pariwisata nusantara untuk melengkapi pengetahuan yang diberikan di kelas guna memperluas pemahaman serta wawasan, mahasiswa terhadap perkembangan yang terjadi di lapangan dan di industri.

Tujuan Pendidikan
Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti sebagai pendidikan formal yang khusus mengelola pendidikan di bidang pariwisata dalam pendiriannya bertujuan :
1. Ikut serta dalam mencerdaskan bangsa menuju kearah terciptanya sistem pendidikan nasional.
2. Menjadi lembaga pendidikan sebagai pusat penggalian, pembinaan, pemeliharaan dan pengembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang kepariwisataan.
3. Menyiapkan para tenaga profesional dengan gelar Ahli Madya Pariwisata (A.Md.Par) dan Ahli Pariwisata (A.Par) yang memiliki kemampuan teoritis dan teknis dalam mengisi lowongan jabatan di tingkat manajerial.
4. Mengisi jabatan di dunia pariwisata termasuk perhotelan yang sampai saat ini masih "meminjam" tenaga kerja asing.

Lama Pendidikan
Lama pendidikan untuk kedua Program Studi di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti adalah minimal 3 tahun untuk Diploma III dan 4 tahun untuk Diploma IV.

Sistem Pendidikan
1. Implementasi program pendidikan dengan Sistem Kredit Semester (sks) dengan perbandingan teori dan praktik adalah 40:60. Untuk Diploma III, program ditempuh dalam 5 semester di kampus dan 1 semester di industri pariwisata. Sementara untuk Diploma IV, program ditempuh dalam 7 semester di kampus dan 1 semester di industri pariwisata (hingga angkatan 2008); 6 semester di kampus dan 2 semester di industri pariwisata untuk Diploma IV (diberlakukan per angkatan 2009).
2. Program yang ditawarkan adalah jenjang D III dan D IV, yang menekankan pada segi keterampilan dan profesionalisme.

Kerjasama Internasional

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti telah mengadakan kerjasama internasional dengan:
  • Ecole des Art Culinaires at de L'Hotelier (EACH), Perancis
  • The Australian College of Travel and Hospitality Management (ACTH)- Melbourne, Australia
  • Hotel Management School of Leeuwarden (HMSL) dan Hotel Restaurant Catering (HORECA), Belanda
  • University of Ulster - Northern Ireland, UK
  • University of Curtin - Perth, Australia
  • Disney Worldwide Services Inc - Florida, USA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar